Kamis, 11 Oktober 2012

Bunga Lavender

Lavender



ampuh menangkal nyamuk
MUSIM hujan biasanya dibarengi menetasnya jentik nyamuk, terutama nyamuk aides aegepty, penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD). Menyikapi itu, sebagian masyarakat mencari akal, yakni dengan menanam bunga lavender. Tren menanam lavender, disebabkan selain bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah, juga ampuh menangkal nyamuk.
Apalagi untuk mendapatkan tanaman lavender, cukup mudah. Sebab di sepanjang Jalan Magelang – Yogyakarta, tepatnya di Dusun Pare, Desa Mungkid, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, bunga ini bisa ditemukan.
Harganya relatif murah, karena satu pot tanaman lavender dengan bunga warna ungu itu, biasa dijual Rp 10.000. “Setiap musim hujan, banyak konsumen yang mencari tanaman lavender, permintaan terus meningkat,” kata Ujang (40) pedagang tanaman hias saat ditemui Wawasan, kemarin.
Selain lavender, tanaman sodiak juga bisa mengusir nyamuk. Untuk tanaman lavender ada dua jenis, yakni lavender air dan lavender kering.
Cara menanamnya juga sangat mudah, karena tanaman ini bisa ditanam di pot dan mudah tumbuh. Kalau malam hari, bisa diletakkan di sejumlah ruangan di dalam rumah, bunganya mampu mengusir nyamuk.
Sepanjang tahun
Apalagi tanaman ini punya kelebihan. Untuk lavender air misalnya, hampir sepanjang tahun berbunga. Bunga berwarna ungu dengan aroma wangi itu paling bagus ditempatkan di dalam kamar mandi, ruang keluarga, dan ruang tamu. Karena tanaman ini, bisa hidup dalam genangan air.
“Akan lebih baik, jika tanaman lavender air diletakkan di dalam kamar mandi, karena bunga tanaman itu bisa mengusir nyamuk, sehingga nyamuk tidak bertelor dan menjandi jentik nyamuk,” ujar Ujang.
Sedangkan jenis sodiak, menggunakan media. Hanya saja, untuk tanaman sodiak ini jangan terlalu banyak berada di ruangan, karena bisa menyerap oksigen, terutama pada malam hari. Ali-skh

0 komentar:

Posting Komentar